Pengertian Teks laporan teks deskripsi dll

1. Pengertian Teks Laporan
Teks laporan disebut juga teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual.
Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya. Teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
2. Ciri-Ciri Struktur Teks yang Baik
Ciri-ciri struktur teks yang baik adalah disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan tahap pada struktur teks.
Tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.
Berikut merupakan teks “Kekeringan” yang belum lengkap. Teks tersebut harus dilengkapi agar dapat dimengerti dengan baik.
Teks Laporan
Teks laporan adalah hasil tertulis dari kegiatan pengamatan yang dilakukan untuk tujuan memberikan informasi dari apa yang dilihat dan diamati kepada orang lain.
Dengan kata lain, teks laporan didasarkan pada hasil observasi, contohnya teks laporan tentang bunga mawar. Namun, apa yang dijabarkan di dalamya adalah mengenai bunga mawar secara umum, tidak mendetil seperti teks deskripsi.
Kita simpulkan bahwa teks laporan adalah bentuk tulisan yang memberikan penjelasan tentang peristiwa atau fenomena hasil dari pengamatan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
Teks ini dapat juga dikatakan sebagai teks klasifikasi. Teks laporan berisikan klasifikasi dan penjelasan secara umum mengenai suatu hal. Teks laporan sering kali disamakan dengan teks deskripsi. Namun kenyataannya kedua jenis teks tersebut adalah hal yang berbeda.
Perbedaannya terletak pada sifat dari teks tersebut, yang mana teks laporan bersifat umum atau universal, sedangkan teks deskripsi bersifat khusus dan unik. Teks laporan lebih mengedepankan klasifikasi atau pengelompokkan suatu hal ke dalam jenis-jenis atau kelas dengan ciri-ciri nya tersendiri. Teks laporan juga banyak menghubungkan jenjang antar kelas dan sub-kelas. Teks laporan memiliki struktur seperti pernyataan umumnya atau klasifikasi berada di awal paragraf dan pada tiap paragrafnya berisi aspek-aspek yang dilaporkan.
Selain itu, teks laporan juga ditandai dengan ciri-ciri seperti laporan yang ditulis bersifat fakta, bersifat objektif, hasil laporan ditulis lengkap dan sempurna, tulisan tidak memasukan unsur-unsur menyimpang seperti propaganda, laporan disajikan secara menarik, tata bahasanya jelas dan isinya juga berbobot, serta susunan teksnya logis.
Dalam menyusun teks laporan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, kita membuat judul teks laporan berdasarkan objek yang sedang diamati. Kedua, kita membuat kerangka tulisan. Ketiga, kita mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kerangka tulisan dengan penjelasan-penjelasan pendukung yang berdasarkan hasil pengamatan. Keempat, membuat kesimpulan.
Untuk mengetahui perbedaan yang lebih jelas lagi antara teks laporan dan teks deskripsi, marilah kita mengupas tentang teks deskripsi kemudian membandingkannya dengan pemaparan tentang teks laporan.       

Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek yang disampaikan dengan gagasan dan ide-ide yang detil sehingga para pembacanya seolah-olah seperti sedangan merasakan atau sedang berada dalam gambaran yang dipaparkan oleh sang penulis.
Apa yang ditulis bisa meliputi objek, tempat, atau peristiwa. Teks deskripsi memiliki cirri-ciri seperti dalam paragrafnya menggambarkan atau melukiskan sesuatu, penggambaran di dalam pargraf tersebut dilakukan dengan sangat jelas dan terperinci dan turut mengikutsertakan sudut pandang inderawi, saat membacanya, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam teks tersebut, teks menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti warna, ukuran, bentuk dan ciri-ciri psikis atau keadaan suatu objek dengan terperinci.
Teks deskripsi merupakan jenis teks yang memaparkan keadaan (sifat,bentuk,ukuran,warna) sesuatu (manusia atau benda ) secara khusus, unik dan detil. Sehingga, kita dapat menyimpulkan bahwa teks deskripsi adalah jenis teks yang berkebalikan dari teks laporan. Dalam teks deskripsi, yang lebih diutamakan adalah keterkaitan antara keselurahan isi dengan bagian-bagiannya.
Sedangkan teks laporan memaparkan ide dari hal-hal yang khusus menjadi hal-hal yang lebih umum. Dalam teks deskripsi mengandung unsur subjektivitas dan unsur opini, sedangan dalam teks laporan, tulisan dibuat berdasarkan fakta yang ditemui di lapangan dan dituntut untul menjadi objektif.






                      




1. Pengertian Teks Prosedur Kompleks 
Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut.

2. Tujuan Teks Prosedur Kompleks 
Tujuan penulisan Teks Prosedur Kompleks adalah untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

3. Ciri Teks Prosedur Kompleks
3.1. Ciri Umum Teks Prosedur Kompleks
  • Berisikan langkah-langkah
  • Disusun secara informatif
  • Dijelaskan secara mendetail
  • Bersifat objektif
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Menggunakan syarat/pilihan
  • Bersifat universal
  • Bersifat aktual dan akurat
  • Bersifat logis
3.2. Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
  • Terdapat kalimat imperatif : kalimat yang mengandung perintah
  • Terdapat kalimat deklaratif : kalimat yang berisi pernyataan
  • Terdapat kalimat introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
  • Terdapat bilangan urutan : angka yang menunjukkan urutan
  • Partisipan manusia secara umum : semua manusia yang ikut serta dalam teks tersebut
  • Verbal material : Verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik
  • Verba tingkah laku : Verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tampak)
  • Konjungsi Temporal : Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks
  • Menggunakan kata baku
  • Menggunakan konjungsi syarat
4. Struktur Teks Prosedur Kompleks
Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian material, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah.
  1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).
  3. Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.



EmoticonEmoticon